\
Selamat datang di Blog Resmi Konsulat Jenderal Republik Indonesia Kuching
Berita

UPAYA KJRI KUCHING MENORMALKAN PERDAGANGAN LINTAS BATAS DI ENTIKONG

Thursday 22 January 20150 comments


Saat ini masyarakat Entikong  melakukan pembelian barang kebutuhan pokok dari wilayah Sarawak sebagian besar  tanpa melalui pintu pemeriksaan  Custom,Imigration,Quarantine dan Sequrity( CIQS ). Barang yang telah  dibeli dari wilayah Sarawak dilakukan bongkar muat barang diarea free zone yaitu antara pintu gerbang keluar bnatas Sarawak dan sebelum pintu masuk gerbang PLB Entikong, kemudian barang-barang dimasukan dalam karung untuk dibawa oleh orang-orang di perbatasan Entikong tersebut melalui samping gerbang PLB. Praktek ini berlangsung berbulan-bulan dan terlihat dengan kasat mata tanpa ada tindakan/penertiban oleh aparat pemerintah di Entikong.

Terhadap permasalahan ini KJRI berupaya mengajak seluruh stake holder terkait,  pada tanggal 15 Januari 2014 Konsul Jenderal RI beserta Fungsi Ekonomi mengadakan rapat bersama instansi terkait CIQS untuk mengurai permasalahan tersebut. Pada pertemuan  yang hadir adalah Kepala Kantor Imigrasi Entikong, Kepala Bea Cukai Entikong, Kapolsek Entikong, Kepala Kantor  Karantina Entikong,  Kepala Unit  Pengamanan dan Penertiban Pos Lintas Batas (UP3LB) Entikong, Perwakilan Danramil Entikong dan Sekretaris Camat Entikong.

Dari pertemuan tersebut terlihat bahwa masih perlu upaya duduk bersama untuk menyamakan persepsi di tingkat pelaksana dilapangan, sehingga mendapat jalan keluar terkait ketertiban lalulintas barang di perbatasan Entikong tersebut.

DOKUMENTASI  RAPAT KOORDINASI KJRI DENGAN CIQS DI ENTIKONG

Konjen RI di Kuching dalam pertemuan tersebut menyampaikan bahwa kalau masalah pasti banyak, sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi  yang terpenting dari permasalahan tsb adalah bagaimana mencari jalan keluar melalui koordinasi, karena gangguan diperbatasan akan berpengaruh / untuk kelancaran hubungan kedua negara dan sudah menjadi concern pemerintah dan para pengusaha di Sarawak juga.

Setelah membahas  masalah-masalah tersebut, Tim KJRI bergabung dengan program blusukan Menteri PU yang pada hari itu juga datang meninjau keadaan infrastruktur di perbatasan Entikong tersebut. Rencananya Kementerian PU akan melakukan pembangunan multiyears dimulai dari Tahun 2015 antara lain renovasi bangunan utama PPLB Entikong rencananya akan menjadi 2 lantai dan pembangunan jalan dari Entikong menuju ke arah Kecamatan Balai Karangan dan seterusnya sepanjang 34 Kilo Meter guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di perbatasan Entikong khususnya.


KONJEN RI KUCHING, BERBINCANG BERSAMA MENTERI PEKERJAAN UMUM
DAN GUBERNUR KALBAR


Share this article :
 
Support : Konsulat Jenderal Republik Indonesia untuk Kuching Malaysia | | Johny Template | |
Copyright © 2011. KJRI Kuching - All Rights Reserved
No. 21, Lo 16557, Block 11, jalan Stutong, MTLD, 93350, Kuching Sarawak
Proudly powered by Blogger