\
Selamat datang di Blog Resmi Konsulat Jenderal Republik Indonesia Kuching
Berita

Kunjungan Kerja Konsul Jenderal RI ke Pontianak – Singkawang, Kalimantan Barat.

Friday 4 March 20160 comments

Konsul Jenderal RI telah melakukan Kunjungan Kerja ke kota Pontianak dan Kota Singkawang, Kalimantan Barat dari tanggal 19 – 23 Februari 2016, untuk memenuhi undangan dari Pemerintah Kota Administratif Singkawang yang mengundang Konsul Jenderal untuk menghadiri perayaan Hari CAP GO MEH di Kota Singkawang. Selain untuk memenuhi undangan tersebut, Konsul Jenderal RI juga memanfaatkan kunjungan kerja ini untuk berkoordinasi dan melakukan pertemuan dengan berbagai pihak terkait di Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam kunjungan ini, Konsul Jenderal RI juga membawa serta 3 orang pengusaha Sarawak, yaitu dari Perusahaan SM Inland Port, yaitu perusahaan operator Pelabuhan Darat di wilayah Perbatasan Tebedu, Sarawak, selain itu juga Ketua Asosiasi Pengusaha Muda Sarawak (Sarawak Enterpreneur Association-SEA), dan seorang pengusaha Bakery / Pastry  (Roti dan Kue) di Sarawak. Ketiga pengusaha tersebut berminat untuk bertemu dengan pengusaha-pengusaha Kalimantan Barat untuk membina kerjasama usaha dan perdagangan, selain itu juga untuk melihat secara langsung wilayah Kalimantan Barat dan mendapat informasi mengenai potensi-potensi ekonomi yang dapat dikembangkan di wilayah Kalimantan Barat. Selain itu, Asosiasi Pengusaha Muda Sarawak (SEA) dalam kesempatan tersebut juga bermaksud untuk mengundang pengusaha-pengusaha Kalimantan Barat pada Konferensi Internasional ASEAN-CHINA CONFERENCE yang akan dilaksanakan di Kuching,pada tanggal 12 – 13 Mei 2016.

Dalam kesempatan tersebut, Konsul Jenderal RI mengundang Ketua KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Kalimantan Barat Bapak Santyoso Tio, dan Konsul Malaysia di Pontianak yang baru saja bertugas selama 3 bulan yaitu Encik Mohiuddin Ghozali. Dalam pertemuan tersebut, Konsul Malaysia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Konsul Jenderal RI yang telah mengundang dirinya untuk saling berkenalan, dan juga bertemu dengan pengusaha Sarawak yang dibawa oleh Konsul Jenderal sekaligus berkenalan dengan Ketua KADIN KALBAR.


Sementara itu KJRI Kuching mengamati perayaan CAP GO MEH di Singkawang memiliki keunikan dan ciri khas sendiri yang tidak terdapat di wilayah lain di Indonesia. Hal ini dapat menjadi daya tarik wisata dan nilai jual bagi Kota Singkawang khususnya, dan Kalimantan Barat pada umumnya. Apabila kegiatan ini dapat dipromosikan lebih gencar lagi di luar negeri, maka dapat dipastikan akan makin banyak wisatawan asing yang berminat untuk berkunjung ke Singkawang, dan Indonesia nantinya. Perayaan CAP GO MEH ini dapat dipromosikan di Sarawak karena kota Singkawang yang wilayahnya dekat dan akses ke Singkawang yang dapat dijangkau dari Sarawak dengan mudah baik lewat darat dan udara melalui kota Pontianak. Kesamaan etnis China di Singkawang dan etnis China di Sarawak, dan etnis Dayak serta Melayu juga mempermudah untuk mempromosikan kegiatan ini di Sarawak.




Share this article :
 
Support : Konsulat Jenderal Republik Indonesia untuk Kuching Malaysia | | Johny Template | |
Copyright © 2011. KJRI Kuching - All Rights Reserved
No. 21, Lo 16557, Block 11, jalan Stutong, MTLD, 93350, Kuching Sarawak
Proudly powered by Blogger