\
Selamat datang di Blog Resmi Konsulat Jenderal Republik Indonesia Kuching
Berita

Press Release kematian TKI asal Lombok yang Menjadi Korban Penembakan di Ladang Sengketa

Thursday 26 February 20150 comments

Seorang WNI asal Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat a.n. Harman dilaporkan telah menjadi korban penembakan warga setempat di Miri, Sarawak, Malaysia Timur pada hari Jumat, 20 Februari 2015. Kejadian ini telah dilaporkan kepada Polis DiRaja Malaysia/PDRM yang kemudian menyampaikan kepada KJRI.

KJRI telah menghubungi saksi yang juga seorang WNI a.n. Andi dan sedang dalam pengamanan pihak PDRM di Balai Polis Pusat Miri. Kepada KJRI Sdr. Andi menyampaikan bahwa insiden terjadi sekitar pukul 13.00 di ladang Seatex di Batu Niah, Miri. Menurut Andi, pada hari kejadian ia dan alm. sedang menombak sawit di ladang Seatex di Niah. Ladang tersebut dahulu merupakan ladang milik perusahaan dan kini telah ditinggalkan. Status ladang yang ditinggalkan menjadi sengketa antara warga setempat yang ingin mengambil buah sawit. Kedua WNI (alm. dan Andi) bekerja pada majikan perorangan yang sebenarnya tidak memiliki hak atas ladang tersebut. Hal ini yang ditengarai menjadi awal mula penembakan oleh pelaku yang merupakan Kepala Kampung.

Menurut pihak PDRM, pihak mereka telah menangkap 3 orang pelaku yang kesemuanya adalah Warga Negara Malaysia, yaitu Lagan Anak Mungkun, Justine Roy Anak Lagan, dan Columbus Anak Mungkun. Ketiganya dituduh dengan Pasal 302 Kanun Keseksaan dengan ancaman hukuman gantung sampai mati.


Proses otopsi pada jenazah korban dilakukan di Rumah Sakit Umum Miri pada hari Kamis, 26 Februari 2015 dengan didampingi oleh staf KJRI. Pihak yang mempekerjakan alm. berjanji bertanggungjawab untuk membiayai pemulangan jenazah hingga Bandara Lombok. Dari komunikasi dengan pihak keluarga dan saksi, diketahui bahwa alm. masuk ke Sarawak secara mandiri tanpa menggunakan paspor dan dipekerjakan secara tidak resmi/tanpa izin kerja di Batu Niah, Miri, Sarawak selama sekitar 3 bulan. 
Share this article :
 
Support : Konsulat Jenderal Republik Indonesia untuk Kuching Malaysia | | Johny Template | |
Copyright © 2011. KJRI Kuching - All Rights Reserved
No. 21, Lo 16557, Block 11, jalan Stutong, MTLD, 93350, Kuching Sarawak
Proudly powered by Blogger