\
Selamat datang di Blog Resmi Konsulat Jenderal Republik Indonesia Kuching
Berita

ACARA OLAHRAGA DAN KESENIAN ANTARA MASYARAKAT SAMBAS, KALBAR DAN SEMATAN, SARAWAK TAHUN 2015

Monday 6 April 20150 comments












Konsul jenderal RI Kuching bersama Staf berkesempatan hadir pada Acara yang dikemas dengan tema : Program Sukan Sempadan Sematan 2015 “Program Singgah Muhibbah Sematan Sambas 2015”,  yang belangsung dari 3-5 April 2015 di Kecamatan Sematan, Kuching, Sarawak, atas undangan Panitia Penyelenggara.  Acara ini merupakan inisitaif murni dari masyarakat di wilayah perbatasan kedua negara yang sudah berlangsung sejak  tahun 2013 lalu di Biawak, wilayah perbatasan darat Indonesia-Malaysia. Sedangkan  tahun ini, bertindak sebagai penyelenggara pihak Malaysia dan berlangsung di Ibu Kota kecamatan Sematan,  ± 110 Km2 dari Kota Kuching.

Rombongan Sambas dipimpin oleh Staf Ahli Bupati Kabupaten Sambas, Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Chifni Burhanuddin, S.Sos,mewakili Bupati yang berhalangan  hadir karena ada acara yang tidak bisa ditinggalkan. Rombongan Sambas, selain pejabat yang terkait dengan masalah keamanan perbatasan, pendidikan dan kebudayaan, unsur DPRD,  juga menyertakan tokoh masyarakat, tokoh agama, pengusaha dan lain-lain yang berjumlah ± 90 orang. Acara penjemputan sangat meriah, selain disambut dengan tarian-tarian tradisional khas Sarawak, juga dimeriahkan dengan pengawalan vooridder Polisi Diraja Malaysia.

Acara Hari pertama, (Jumat/3 April 2015),  pada malam hari berlangsung ramah tamah di Balai Pertemuan Kecamatan Sematan yang cukup mewah itu. Setelah itu, dilanjutkan dengan pergelaran kesenian, seperti Tari-tarian, nyanian-nyanian yang menampilkan para penari dan penyani kedua belah pihak, yang dimeriahkan oleh Group Band dari Kuching di kompleks pertokoan pantai Sematan.     

Acara hiburan diawali dengan sambutan-sambutan.  Konsul General Kuching (Konjen), Jahar Gultom memperoleh giliran pertama menyampaikan sambutan.  dalam sambutannya, Konjen mengatakan bahwa acara ini sangat strategis untuk membina harmonisasi dan tali silaturahmin antara masyarakat di wilayah perbatasan kedua negara. Lebih lanjut, ia mengatakan dikatakan strategis karena acara ini lahir dari  prakarsa masyarakat  yang kemudian didukung oleh pemerintah kedua belah pihak. Membina hubungan baik antar negara tidak semata-mata tugas Pemerintah (baca: Kemlu), tetapi dibutuhkan pelibatan masyarakat, secara aktif, merupakan sebuah keniscayaan, demikian lebih lanjut Konjen RI itu. Sebab  membina hubungan baik antar negara tidak semata-mata tugas  Kemlu, tetapi perlu didukung  penuh masyarakat (people to people contact), sesuai dengan semangat paradigma baru diplomasi mutakhir masa kini. Sementara itu, yang mewakili pihak Malaysia, Tuan Haji Hamsein B.Hj. Atar, anggota DPRD Sarawak daerah pemilhan Sematan, mengatakan bahwa sejak dulu hubungan masyarakat Sematan dan Sambas selalu harmonis, dan tidak terpengaruh dengan isu-isu krusial antara elit tingkat nasional kedua negara. Sebab hampir ±80 %   masyarakat Sematan adalah merupakan keturunan Sambas yang berimigran ke Sematan sejak ratusan tahun lalu. Lebih lanjut anggota legislatif Sarawak itu mengatakan bahwa dirinya juga adalah keturunan dari Sambas, dan hingga saat ini tetap menjaga tali silaturahmin dengan keluarga yang ada di Sambas. Dengan demikian, menurutnya, dengan harmonisnya masyarakat Sematan dan Sambas, akan memberi kontribusi positif bagi hubungan baik antara Malaysia dan Indonesia pada masa yang akan datang. 

Hari kedua (Sabtu/4 April 2015), acara cukup padat. Dimulai dari Senam Airobik yang diikuti oleh rombongan Sambas dan  KJRI Kuching, serta juga masyarakat Sematan. Kemudian dilanjutkan dengan pertandingan-pertandingan: Menganyam Ketupat, Memancing, Meyumpit, Batak Lampong, Sepak Bola dan pertandingan persahabatan Bulutangkis. Pada malam hari, berlangsung malam Kebudayaan dan Kesenian, sebelum acara penutupan.

Sama dengan malam pertama, acara didahului dengan sambutan-sambutan. Sambutan Pertama dari yang mewakili Bupati Sambas, yaitu Staf Ahli Bupati Sambas,  Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Cifni Burhanuddin, S.Sos yang intinya menyatakan  bahwa  sangat terkesan dengan sambutan yang begitu meriah dari masyarakat Sematan terhadap kedatangan rombongan Sambas. Kehangatan, keakraban, persaudaraan, dan keramatamahan merupakan nilai-nilai yang ditunjukkan oleh masyarakat Sematan selama berlangsungnya ini. Selain itu, yang lebih terkesan, menurutnya adalah, keamanan selama berlangsungnya acara ini. Tidak ada sedikit pun keributan terjadi, hingga serangkaian acara berlangsung secara tertib, terkendali, aman dan damai. Lebih lanjut dia mengatakan mudah-mudahan pada kunjungan balasan di Sambas pada tahun 2015 nanti, rombongan Sematan akan mendapat perlakuan  setimpal. Sementara itu, pada sambutan kedua, menampilkan Bupati (Residen) Kuching, yakni… yang intinya menyatakan bahwa ia menyambut baik acara ini dan berterima kasih kepada Panitia Penyelenggara  yang telah menyiapkan acara dengan sangat baik, sehingga berjalan aman dan sukses yang pada gilirannya dapat memperkuat hubungan bilateral antara Malaysia dan Indonesia di masa depan, khususnya masyarakat Sematan dan Sambas.

Share this article :
 
Support : Konsulat Jenderal Republik Indonesia untuk Kuching Malaysia | | Johny Template | |
Copyright © 2011. KJRI Kuching - All Rights Reserved
No. 21, Lo 16557, Block 11, jalan Stutong, MTLD, 93350, Kuching Sarawak
Proudly powered by Blogger